Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya

Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya  - Tipes atau yang juga disebut demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada umumnya penderita tifoid akan demam yang disebut demam tifoid. Penyakit ini cukup serius karena jika tidak ditangani akan menimbulkan komplikasi yang bisa menyebabkan kematian. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebab dan gejala penyakit tifoid.

Bagaimana penyakit tifoid dapat terjadi?

Penyebab utama penyakit tipus adalah bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini akan masuk melalui makanan dan minuman dan menginfeksi tubuh manusia sehingga gejala tifoid muncul.

Ada beberapa faktor yang memudahkan bakteri untuk masuk dan menginfeksi tubuh, termasuk sistem sanitasi yang buruk di lingkungan. Perlu Anda ketahui bahwa lingkungan yang kotor akan memicu pertumbuhan sejumlah bibit penyakit, termasuk tipes.

Sedangkan faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit tifoid pada anak-anak kurang lebih dipengaruhi oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh yang dimiliki oleh anak sehingga bila masuk ke lingkungan yang kotor atau tidak sehat akan berdampak tidak baik bagi tubuh.

Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya


Bisakah penyakit tipes menular?

Pada umumnya orang dengan tipes bisa menularkan penyakitnya kepada orang lain. Penyakit ini bisa ditularkan melalui urine dan juga tinja atau tinja dari pasien. Melalui kedua bakteri Salmonella typhi ini bisa menyebar. Namun, transmisi tip ini bisa sangat sulit. Itu karena bakteri ini akan terkontaminasi kotoran atau urin yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Tapi ada yang salah jika Anda berhati-hati menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Jenis dan Gejala Tipes

Untuk memudahkan kita dalam mengidentifikasi tipes, disini akan dijelaskan tentang gejala penyakit ini dari minggu pertama sampai minggu keempat. Dengan mengetahui fase gejala tifoid setiap minggunya, maka kita bisa melakukan perawatan segera sesuai dengan tingkat gejala.

Gejala di minggu Pertama

1. Demam

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa penderita tifus biasanya akan mengalami demam tinggi yang disebut tiroid. Suhu demam ini akan cenderung naik hingga 40 derajat celcius.

2. Sakit kepala

Seseorang dengan tipes akan mudah merasakan sakit kepala. Hal ini disebabkan bakteri yang menginfeksi.

3. Batuk kering

Gejala selanjutnya adalah batuk kering. Jika ada yang pernah batuk kering dalam waktu lama (seminggu) maka itu harus diwaspadai.

4. Menurun nafsu makan

Tak hanya tak menimbulkan selera dengan makanan namun kehilangan nafsu makan bisa menjadi tanda tipes pada diri seseorang. Selain itu, rasa mual dan mulut yang terasa pahit, semakin membuat orang tidak ingin makan.

5. Sakit perut dan konstipasi

Gejala tipes berikutnya adalah sakit perut. Biasanya kondisi ini diikuti oleh konstipasi atau sulit buang air kecil pada orang dewasa. Sedangkan pada anak umumnya terjadi diare.

6. Mudah untuk lelah

Gejala tipes berikutnya adalah seseorang akan mudah merasa lelah, letih, dan lesu. Meski belum melakukan aktivitas melelahkan sebelumnya.

Gejala tipes di minggu pertama ini akan terus muncul dan berlanjut sampai minggu kedua, jika pasien tidak diobati dengan benar.

Gejala tipes Minggu Kedua

1. Demam tinggi

Jika pada awalnya seseorang akan mengalami demam dengan suhu 40 derajat celcius, maka suhu tubuh ini bisa ditambah jika tidak diberi perlakuan khusus.

2. Diare dan konstipasi

Gejala tipes berikutnya adalah diare dan konstipasi. Untuk itu, hati-hati dengan diare dan sembelit yang berkepanjangan karena jika ini berlangsung lebih dari seminggu maka sebaiknya segera diajak berkonsultasi ke dokter.

3. Perut kembung

Perut kembung juga bisa menjadi salah satu indikasi tipes. Ini jika berlangsung lama.

4. Penurunan berat badan

Karena adanya bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi tubuh membuat berat badan semakin menurun. Kondisi ini jika tidak diatasi akan menyebabkan penyakit lain, bahkan bisa menjadi komplikasi.

Jika pasien tidak mendapat perawatan medis, maka gejalanya akan berlanjut sampai minggu ketiga.

Gejala di Minggu Ketiga

1. Mengigau

Seseorang dengan tifoid yang tidak mendapatkan perawatan medis sampai minggu ketiga akan menyebabkannya mengigau. Hal ini disebabkan oleh suhu tubuh yang tinggi.

2. Kondisi tubuh semakin lemah

Ini termasuk gejala yang sudah parah. Kondisi tubuh yang sangat lemah dengan mata sedih menunjukkan bahwa pasien membutuhkan perawatan medis segera. Bahkan dalam kondisi seperti ini, banyak penyakit yang mengancam jiwa akan muncul.

Gejala di Minggu Keempat

Secara umum, seseorang dengan tipes yang telah memasuki minggu keempat akan mengalami penurunan gejala yang terjadi pada minggu pertama sampai minggu ketiga. Misalnya, demam perlahan akan turun sampai suhu tubuh kembali normal seperti biasanya.

Namun, gejala ini akan kembali muncul sekitar 10 hari setelah kondisi tubuh normal. Dan yang harus diwaspadai adalah gejala yang terjadi pada minggu pertama hingga minggu ketiga akan muncul dengan kondisi yang jauh lebih buruk. Untuk itu, jangan menunggu sampai minggu keempat karena banyak penyakit yang akan mengancam nyawa pasien.

Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya


Langkah-langkah pencegahan tipes

Setelah mengetahui betapa berbahayanya penyakit tifoid ini, kita perlu melakukan tindakan pencegahan semaksimal mungkin agar penyakit tidak menyerang kita dan orang-orang yang dekat dengan kita. Secara umum langkah untuk mencegah tipes adalah memberikan vaksinasi anti tipes.

Vaksinasi ini biasanya termasuk dalam vaksin imunisasi yang diberikan kepada anak-anak dari usia 2 tahun dan kemudian diulang setiap 3 tahun sekali. Tidak hanya pada anak-anak, vaksinasi juga diberikan kepada orang dewasa yang ingin mengunjungi daerah endemik tifoid. Biasanya dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan. Selain vaksinasi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tipes ini datagnya, yaitu:

1. Rajin cuci tangan

Langkah untuk mencegah penyakit tipus adalah dengan sering mencuci tangan. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan dan minuman. Selain itu, mencuci tangan juga dibutuhkan setelah buang air besar sehingga semua bakteri di tangan bisa dibersihkan.

2. Kurangi konsumsi buah dan sayuran mentah

Anda harus mengurangi konsumsi sayuran mentah yang dijual bebas. Selain itu, selain sayuran mentah, buah non steril juga bisa menyebabkan tipes.

3. Kurangi konsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan

Makanan yang dijual di sepanjang jalan terpapar bakteri dan debu. Ini jika dilakukan terus menerus maka akan menyebabkan tipes.

4. Kurangi konsumsi makanan laut mentah

Beberapa jenis masakan yang ada di sana menggunakan makanan laut dalam persiapan masih mentah. Jika ini berlangsung lama maka akan menyebabkan tipes. Itu karena di dalam makanan laut yang masih mentah ada bakteri berbahaya yang bisa mati dengan cara mendidih.

5. Hindari bertukar barang pribadi

Seringkali kita melihat seseorang bertukar barang pribadi, seperti pakaian, handuk, sprai, dan sebagainya. Tapi kebiasaan ini bisa menimbulkan berbagai penyakit, termasuk tipes.

Semoga artikel Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya  di atas bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Inilah Gejala Sakit Tipes Dari Minggu Pertama sampai ke Empat dan Cara Mengobatinya "

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)