Penyebab Stretch Mark dan Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat

Penyebab Stretch Mark dan Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat - Stretch mark adalah garis-garis atau garis pada kulit yang terletak di bagian tubuh dimana lemak terkonsentrasi. Biasanya stroke ini terletak di perut bagian atas, lengan atas, paha, pantat, dan beberapa bagian tubuh yang sering menjadi tempat mengumpulkan lemak. Awalnya warna stroke ini berwarna merah atau ungu tapi bisa berubah putih atau abu-abu sesuai warna kulit seseorang. Tapi ternyata kondisi ini juga bisa terjadi pada orang gemuk, meski tidak hamil, baik pria maupun wanita.

Penyebab Stretch Mark dan Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat


Penyebab stretchmark

Anda perlu tahu bahwa tidak semua wanita hamil memiliki stretch mark. Tapi 90% ibu hamil memiliki masalah yang satu ini. Beberapa penyebab stretchmark adalah:

Kurangnya protein atau kolagen di kulit

Penyebab pertama munculnya stretchmark adalah hasil dari kekurangan kulit protein atau zat kolagen. Mereka yang terkena dampak stretch mark ini adalah orang-orang yang kulitnya hanya mengandung sejumlah kecil kolagen atau protein, yang menyebabkan kulit menjadi longgar.

Perkembangan tubuh tidak sesuai dengan elastisitas kulit

Penyebab lain dari stretch mark adalah perkembangan tubuh lebih cepat daripada elastisitas kulit. Penambahan berat badan yang cepat kemudian akan diikuti peregangan kulit. Hal ini membuat lapisan tengah lapisan kulit atau dermis akan menipis sehingga lapisan kulit yang mendasari akan naik ke atas. Itulah sebabnya wanita hamil tergolong kelompok rentan terhadap stretchmark karena kebanyakan dari mereka akan mengalami kenaikan berat badan selama proses kehamilan. Selain wanita hamil, stretch mark juga muncul pada usia pubertas, yaitu antara 14 - 18 tahun. Pada saat ini biasanya tubuh akan mengalami akselerasi sehingga muncul goresan pada bagian-bagian tertentu.

Penggunaan obat tertentu

Ada beberapa jenis obat yang menyebabkan munculnya stretchmark, dan salah satunya adalah jenis obat kortikosteroid. Itu karena efek obat ini seperti hormon kortisol. Kortikosteroid adalah krim yang umum digunakan untuk mengobati penyakit kulit, seperti eksim.

Genetik

Apakah genetik atau faktor genetik dapat dikenali dapat menyebabkan stretch mark. Jadi jika salah satu keluarga Anda mengalami kondisi yang satu ini, maka jangan heran jika Anda juga stretch mark.

Kondisi kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan, seperti sindrom Marfan dan Cushing. Sindrom Marfan adalah kelainan gen yang mempengaruhi jaringan tisu, sedangkan cushing merupakan kondisi dimana tubuh akan menghasilkan hormon kortisol dalam jumlah besar atau berlebihan.

Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark adalah kondisi kulit yang sering menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena dalam tulisan ini akan dijelaskan tentang cara menghilangkan stretch mark dengan cepat. Ada banyak produk kecantikan yang sering digunakan sebagai stretch mark remover, diantaranya:

1. Produk kecantikan

Beberapa produk yang sering digunakan sebagai stretch mark remover adalah lotion, krim, dan gel.

2. Terapi

Ada beberapa terapi yang sering digunakan untuk menghilangkan stretch mark, yaitu:

* Cahaya laser

Cara kerja terapi ini adalah ketika sinar laser terpapar pada kulit maka pembuluh darah di bawah lapisan stretchmark akan menyerap energi sinar laser sehingga stretch mark juga berubah warna menjadi putih atau tidak terlihat. Terapi ini tidak bisa sepenuhnya menghilangkan stretch mark tapi hanya membantu menyamarkannya.

* Mikrodermabrasi

Terapi ini dilakukan dengan mengaplikasikan kristal khusus yang bisa menghilangkan stretchmark pada kulit. Ini adalah cara yang bagus karena tidak hanya menghilangkan goresan yang baru terbentuk, namun terapi mikrodermabrasi ini dapat mengatasi stretch mark yang panjang.

3. Operasi

Beberapa orang melakukan operasi pengangkatan lemak untuk menghilangkan bekas peregangan di tubuh mereka. Dengan mengangkat lemak di perut bagian atas, lengan atas, paha, bokong, dan tempat di mana lemak terkonsentrasi, tanda peregangan otomatis hilang dengan sendirinya. Meski ini cara yang efektif tapi jarang orang yang menggunakannya. Itu karena untuk melakukan operasi kecantikan, seseorang harus membayar biaya yang cukup mahal sehingga cara ini kurang disarankan.

4. Konsumsi air secukupnya

Paling tidak tubuh membutuhkan air antara 8-10 gelas per hari. Jumlahnya harus cukup karena kekurangan air putih akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penurunan elastisitas kulit. Dengan kebutuhan air yang cukup, maka elastisitas kulit akan terjaga sehingga stretch mark akan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Stretch Mark dan Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat, semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Penyebab Stretch Mark dan Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)