Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Tips Cantik dan Sehat - Pohon jarak merupakan tanaman liar yang tumbuh di perkebunan yang kosong. Karena banyak manfaatnya maka tanaman ini banyak di tanam di sekitar rumah. Tanaman jarak itu ada 4 jenis, dan keempat tanaman tersebut mempunyai manfaat semua. Berikut jenis tanaman jarak :
  1. Jarak pagar atau bahasa latinnya adalah Jatropha curcas L. Tanaman jarak ini lebih dikenal dari pada tanaman jarak yang lain.
  2. Jarak kepyar, kaliki atau disebut juga dengan jarak kosta. Sedangkan bahasa ilmiahnya adalah ricinus communis lim.
  3. Jarak ulung, jarak wulung dan bahasa ilmiahnya adalah jatropha gossypifolia l.
  4. Jarak bali atau lebih dikenal dengan istilah latinnya jatropha podagrica hook.
Berikut manfaat daun jarak bagi kesehatan

Menyembuhkan kembung dan masuk angin
Jika  ada keluarga yang masuk angin dan biasanya anak-anak balita sering menggunakan daun jarak. Caranya ambil beberapa daun jarak, beri sedikit minyak kayu putih dan tempelkan di perut anak.

Menyembuhkan sembelit
Jika Anda sembelit, maka Anda bisa menggunakan daun jarak. Caranya bisa dikukus terlebih dahulu atau langsung dimakan sebagai lalapan.

Mengobati sakit gigi
Untuk mengobati sakit gigi maka yang digunakan bukan daunnya melainkan getahnya saja. Caranya ambil getah daun jarak, lengketkan ke kapas dan kemudian kapasnya tempelkan ke gigi yang sakit.

Mengobati sariawan
Cara mengobatinya juga dengan menggunakan getah jarak. Caranya sama dengan mengobati gigi yang sakit, yaitu letakkan kapas di bibir yang sedang sariawan.

Mengobati luka 
Jika kita terluka baik itu karena jatuh, kecelakaan atau apapun itu maka bisa menggunakan getah daun jarak.

Mengobati radang telinga
Banyak hal yang membuat telinga sakit. Jika telinga sakit maka aktifitas terganggu, untuk itu Anda bisa mengobati telingan yang sedang sakit menggunakan getah jarak.

Mengobati keputihan mulut bayi
Jamur candida yang ada di puting ibu akan berpindah ke mulut bayi saat menyusui. Dan di lidah tersebut jamur akan berkembang biak. Untuk itu jamur tersebut harus segera dihilangkan karena bisa menyebabkan anak rewel. Caranya adalah ambil tangkai daun jarak yang masih segar dan kemudian oleskan ke lidah bayi dengan hati-hati.

Itulah manfaat daun jarak bagi kesehatan. Setelah kita tahu manfaatnya maka tidak ada salahnya jika kita menanam pohon jarak dipekarangan rumah.

1 Response to "Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan"

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)