Gejala, Ciri-Ciri dan Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami

Gejala, Ciri-Ciri dan Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami - Batu ginjal atau istilah medis yang disebut nefrolitiasis adalah pembentukan bahan keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Bahan ini berasal dari pengendapan sisa penyaringan oleh ginjal dalam waktu lama.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Banyak orang bertanya-tanya apa penyebab munculnya batu ginjal? Ada beberapa faktor penyebab munculnya batu ginjal, yaitu:

1. Makanan

Penyebab pertama munculnya batu ginjal disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan dengan kadar kimia tinggi bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

2. Kurang konsumsi air

Penyebab lain penyakit ini adalah minimnya konsumsi air. Setidaknya manusia membutuhkan air antara 8-10 gelas per hari. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi dalam waktu lama maka akan menyebabkan timbulnya batu ginjal. Itu karena sisa simpanan metabolisme di ginjal tidak bisa diekskresikan secara optimal.

3. Faktor kesehatan

Terlepas dari dua penyebab di atas, adanya penyakit tertentu bisa berujung pada munculnya batu ginjal.

Gejala, Ciri-Ciri dan Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami


Gejala Batu Ginjal

Setelah mengetahui apa penyebab timbulnya batu ginjal, kini saatnya Anda tahu juga apa gejala munculnya penyakit yang satu ini. Dengan mengetahui gejala batu ginjal maka ini akan menjadi peringatan bagi seseorang untuk segera melakukan penanganan jika terjadi.

Secara umum, gejala batu ginjal tidak bisa dirasakan secara langsung, terutama bagi mereka yang hanya memiliki batu ginjal ringan. Bahan padat yang ada di ginjal akan keluar dengan sendirinya melalui saluran ureter. Saluran ureter adalah saluran penghubung antara kandung kemih dan ginjal.

Batu ginjal akan bergejala dan menimbulkan rasa sakit jika ukuran bahan yang ada di ginjal lebih besar daripada saluran ureter. Selain menimbulkan rasa sakit karena melewati saluran yang relatif sempit, bahan ini akan menyebabkan infeksi akibat adanya gesekan antara material dengan saluran ureter ini. Bahkan jika bahannya besar itu bisa terjebak di saluran ureter atau uretra dan menyebabkan masalah menjadi lebih rumit. Uretra adalah cairan urin utama.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai gejala batu ginjal yang perlu Anda ketahui:

1. Nyeri pada bagian tubuh tertentu

Seseorang dengan batu ginjal akan mengalami nyeri persisten di beberapa bagian tubuhnya, seperti sisi perut, punggung bawah, selangkangan, pelt, dan bahkan testis pada pria. Rasa sakit akan menjadi lebih terasa saat buang air kecil.

2. Sering buang air kecil

Gejala lain orang dengan batu ginjal sering buang air kecil. Selain meningkatkan frekuensi buang air kecil, penderita batu ginjal juga akan merasakan sakit saat buang air kecil, terutama di bagian perut bagian bawah.

3. Mual

Biasanya penderita batu ginjal akan merasa mual di perutnya. Hal ini disebabkan rasa sakit di perut bagian bawah. Rasa sakit itu berasal dari pergerakan batu ginjal ke saluran ureter. Gerakan ini menyebabkan begitu banyak rasa sakit sehingga dalam beberapa kasus, penderitanya bisa muntah.

4. Urin kuning

Tanda lain penyakit batu ginjal adalah keruh air kencing. Jika urin normal berwarna putih kekuningan, warna urin orang dengan batu ginjal mungkin berwarna kecoklatan atau kemerahan. Hal ini disebabkan oleh perdarahan saat bahan melalui kandung kemih atau saluran kemih. Selain warnanya yang mendung, bau urine juga tidak enak atau tidak seperti bau urine pada umumnya.

5. Sulit untuk beristirahat

Gejala batu ginjal lainnya sulit untuk beristirahat. Itu karena di bagian-bagian tertentu, seperti pinggang, perut, dan sakit pangkal paha sehingga sulit beristirahat dalam kedamaian.

6. Tubuh tidak nyaman

Gejala lain dari batu ginjal adalah tubuh terasa tidak nyaman. Perasaan lemah, demam, dan menggigil adalah hal yang sering dirasakan oleh pasien terutama bila disertai infeksi ginjal.

Pencegahan batu ginjal

Sebenarnya untuk mencegah batu ginjal tidak terlalu sulit. Hanya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sehat juga otomatis kita bisa terhindar dari penyakit yang satu ini.

Konsumsilah air

Ini adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi batu ginjal. Dengan mengonsumsi air antara 8-10 gelas per hari maka air kencing akan terbuang dengan lancar sehingga simpanan di sekitar ginjal bisa diatasi.

Hindari minuman yang berpotensi menyebabkan batu ginjal

Minuman seperti suplemen, protein hewani, zat oksalat, kalsium, dan aneka kemasan minuman bisa menjadi penyebab munculnya batu di ginjal. Untuk itu, sebisa mungkin hindari minuman seperti ini.

Demikianlah artikel mengenai Gejala, Ciri-Ciri dan Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami, semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Gejala, Ciri-Ciri dan Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)