Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Tips Cantik dan Sehat - Bunga matahari atau bahasa latinnya adalah Helianthus annuus merupakan tanaman hias yang berasal dari meksiko. Dinamakan bunga matahari karena bentuk bunga tersebut memang seperti matahari.

Bunga ini merupakan dalam famili compasitae sama seperti lidah buaya. Beberapa penyakit bisa diobati dengan bunga matahari seperti sakit kepala, sakit gigi dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya, penanaman bunga matahari ini tidak bisa asal di tanam. Ia bisa tumbuh di kawasan subtropik. Di Indonesia bisa ditanam bunga ini tetapi harus di dataran tinggi agar cahaya matahari sampai dibunga ini dengan maksimal.

Bunga matahari banyak dimanfaatkan untuk kepentingan manusia seperti dijadikan sebagai pengganti kopi dan coklat. Dan ada juga di beberapa wilayah seperti Meksiko, bunga matahari dijadikan minyak untuk mencukupi kebutuhan pangan maupun industri.

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kebutuhan Kehidupan Manusia

Minyak bunga matahari dijadikan untuk menggoreng dan mengentalkan makanan
Minyak bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Minyak bunga matahari selain dijadikan untuk menggoreng dan mengentalkan makanan, ternyata banyak dipakai untuk campuran salad.

Menyehatkan jantung
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan vitamin B yang baik untuk membantu pembentukan DNA dan RNA menjadi lebih sehat.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan zinc atau seng dapat berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh.

Bermanfaat bagi kecantikan
Selain minyak zaitun, ternyata minyak bunga matahari sangat baik untuk kecantikan. Berikut manfaatnya :
  • mengangkat kotoran di wajah
  • menghilangkan jerawat dan flek hitam
  • mencegah penuaan dini
  • mencegah infeksi kulit
  • menyegarkan mata
  • melindungi kulit dari sinar matahari.
Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan rasa nyeri
Cara menggunakannya sangat mudah yaitu rebus 1 buah bunga matahari dicampur dengan 1 gelas air. Biarkan sampai mendidih, setelah mendidih minumlah air rebusan tersebut  dua kali sehari sehabis makan.

Dapat mencegah dan mengobati malaria
Jika Anda terkena malaria, Anda bisa mengobati atau mencegah malaria. Caranya adalah rebus bunga matahari dan minum air ramuan tersebut sampai sembuh dari sakit malaria.

Bermanfaat untuk obat batuk, keputihan dan infeksi saluran kemih
Cara menggunakan bunga matahari ini sebenarnya sama dengan cara mengobati malaria yaitu rebus bunga matahari dan kemudian minum air rebusan tersebut.

Mengobati rematik
Untuk mengobati rematik, Anda bisa merebus 1 bunga matahari sampai air rebusannya mengentak menjadi kanji. Dan kemudian taruh kanji tersebut ke bagian yang terasa sakit.

Mengobati disentri
Jika anak Anda atau anggota keluarga yang lain mengalami disentri dan Anda ingin mengobati secara alami, Anda bisa menggunakan bunga matahari. Caranya rebus 1 buah bunga matahari dan kemudian beri gula batu secukupnya dan kemudian diminum.

Melancarkan buang air kecil dan besar
Jika Anda mengalami susah buang air kecil atau besar maka Anda bisa memanfaatkan akar bunga matahari. Caranya rebus akar tersebut dan kemudian minum air rebusan tersebut.

Infeksi saluran kencing
Rebus 1 buah bunga matahari sampai mendidih. Selagi hangat minum air rebusan tersebut. Insyah Allah jika diminum teratur dan telaten penyakit akan sembuh.

Itulah manfaat bunga matahari bagi kesehatan. Kita sudah tahu begitu banyak manfaat bunga matahari, jadi tidak ada salahnya jika kita menanamnya di pekarangan rumah. Selain rumah menjadi indah, sewaktu-waktu bisa kita manfaatkan untuk kesehatan.

0 Response to "Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)