Tips Mengatasi Haid Secara Alami

Tips cantik dan sehat - Perempuan sudah biasa dan wajar mengalami yang namanya haid atau sering disebut juga menstruasi dan datang bulan. Tidak sedikit diantara mereka yang mengalami keluhan merakan nyeri saat haid itu datang. Nyeri yang dirasakan itu bisa sakit kepala, diare, perut kembung, dan bahkan ada yang muntah.

Selain nyeri, seorang wanita yang sedang haid juga dapat mempengaruhi emosinya seperti mudah cemas, gelisa dan mudah marah. Nyeri haid ini bisa hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Apalagi wanita yang sudah pernah mengalami melahirkan secara normal, maka rasa nyeri itu akan hilang.

Nyeri haid itu ada yang biasa saja yakni walaupun nyeri tetapi masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Sedangkan nyeri yang tidak biasa yakni memang benar-benar tidak bisa apa-apa saat haid, dan kadang ada yang mengalami sampai mengeluarkan keringat dingin. Jika ini terjadi maka harus segera diatasi.

Faktor-faktor yang menyebabkan nyeri haid
  1. terjadinya peradangan pada selaput lendir
  2. karena efek dari pemakaian spiral
  3. adanya benjolan kecil dari rahim
  4. karena faktor keturunan
Tips mengatasi haid secara alami
  1. Buah nanas - Kandungan nanas yang berupa bromelain dapat bermanfaat mengurangi rasa nyeri saat haid. Cara menggunakannya adalah kupas buah nenas, buang mata nanas, potong kecil-kecil kemudian di blender. Air blender tersebut diminum selama mengalami haid.
  2. Lidah buaya - Kandungan yang ada di lidah buaya dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid. Cara menggunakannya adalah ambil bagian putih lidah buaya kemudian campur madu untuk menambah rasa manis dan diminum 2 atau 3 kali sehari.
  3. Jahe - Jahe dipercaya dapat menghangatkan tubuh begitu juga dapat menghangatkan bagian perut. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil jahe, bersihkan, parut dan direbus. Kemudian minul hasil air rebusan tersebut.
  4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium agar dapat meringankan kontraksi otot. Contoh makanan tersebut adalah labu, brokoli, sayuran berdaun hijau misalnya bayam.
  5. Hindari minum air dingin, sebaliknya minumlah air hangat agar perut terasa hangat dan bisa menyembuhkan rasa kram dalam perut.
  6. Lakukan olahraga ringan, agar perut tidak kaku.
 Itulah tips mengatasi haid secara alami. Semoga teman-teman saat sedang haid tidak mengalami sakit yang berlebihan ya.

Baca juga artikel ini
  1. Tips mengatasi keputihan
  2. Manfaat yang didapat dari seks
  3. Penyebab sperma buruk
  4. Tips cepat hamil
  5. Tips mengatasi rambut rontok

0 Response to "Tips Mengatasi Haid Secara Alami"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)