Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Tips Cantik dan Sehat -  Mulut dan gigi dapat berfungsi untuk menguyah makanan yang kita makan. Oleh karena itu, maka mulut dan gigi harus dijaga kesehatannya. Jika kita tidak menjaganya dengan baik, maka bisa menyebabkan sakit. Bukankah banyak pepatah yang mengatakan sakit gigi lebih menyakitkan dari pada sakit hati.. hehehe

Berikut tips menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tips berikut dapat Anda lakukan, agar mulut dan gigi Anda selalu sehat.

  1. Sikatlah gigi Anda dengan teratur minimal 2 kali sehari, pagi dan sore. Kalau bisa dilakukan 3 kali setiap hari, yakni pagi, sore dan ketika akan tidur malam. Sikatlah gigi dengan cara naik turun, agar semua kotoran dapat hilang. Agar gigi menjadi lebih bersih, lebih baik sikatlah gigi dengan dua cara. Yang pertama, sikatlah gigi tanpa menggunakan odol dan kemudian sikat gigi menggunakan odol. Jika kedua cara ini dilakukan terus menerus maka mulut dan gigi Anda akan lebih sehat.
  2. Pastikan saat setelah menggosok gigi, plak (jigong) di gigi Anda sudah hilang. Caranya Anda bisa meraba dengan tangan Anda apakah masih ada plak tersebut atau sudah tidak ada.
  3. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar mulut dan gigi Anda tetap sehat dan tentunya karang-karang gigi segera dihilangkan.
  4. Jika And asedang sariawan, jangan suka menggigit-gigit luka sariawan tersebut karena dapat menyebabkan kanker mulut. Jika sariawan segeralah obati dan jangan lupa perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin C.
  5. Jangan terlalu sering berkumur dengan bahan-bahan kimia. Karena bisa menyebabkan mulut kering dan bisa menyebabkan mulut dan gigi sakit dan bau.
  6. Kunyahlah makanan seimbang antara rahang gigi kanan dan kiri. Jika menguyah makanan hanya 1 rahang akan menyebabkan nyeri di gigi dan juga bisa menyebabkan menumpuknya karang gigi.
 Itulah tips menjaga kesehatan mulut dan gigi. Semoga tips di atas berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Karena mulut dan gigi yang tidak sehat atau bau akan membuat penampilan menjadi tidak PD. Dan teman-teman dapat menjauhi Anda, karena merasa tidak nyaman di sekeliling Anda.

Baca juga artikel berikut.
  1. Manfaat kecambah
  2. Tips menghilangkan nyeri leher
  3. Manfaat sayuran

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)