Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Tips Cantik dan Sehat - Lambung merupakan suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Fungsi lambung secara umum adalah tempat dimana makanan dicerna dan menyerap sari-sari makanan. Saat ini banyak orang yang merasa lambungnya bermasalah. Ciri-ciri lambung yang bermasalah adalah terasa nyeri 1/2 jam sampai 3 jam setelah makan. Rasa nyeri ini berlangsung lama, bisa sampai berbulan-bulan.

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Makan
Agar lambung Anda tetap sehat maka Anda harus memperhatikan cara makan Anda. Seperti :
  • Makan tetap 3 kali sehari yaitu sarapan sekitar pukul 6.30 sampai 8.30, makan siang antara pukul 12.00 sampai 13.30 dan makan malam antara pukul 18.00 sampai pukul 20.00. 
  • Saat ngemil tidak terlalu banyak, ngemil hanya diperlukan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Anda dapat mengemil sekitar pukul 10.00 dan pukul 15.30. Sebaiknya Anda mengemil makanan yang sehat seperti buah-buahan dan agar-agar.
  • Saat makan, kunyahlah makanan tersebut sampai halus. Hal ini bertujuan untuk membantu tugas lambung dalam mencerna makanan.
  • Hindari makanan yang dapat membuat lambung sakit seperti makanan pedas, soft drink, makanan fermentasi (seperti tape) dan makanan yang asam-asam.
  • Makanlah makanan yang bervariasi. Misalnya hari Senin makan lauk daging dan sayur kangkung. Maka hari Selasa nya di ganti dengan makanan yang lain. Hal ini membantu lambung tidak mengalami alergi makanan.
Merokok
Hindarilah merokok, karena merokok dapat membuat iritasi lambung. Jika hal ini terjadi terus menerus maka bisa berakibat fatal terhadap lambung Anda.

Stres
Hindarilah stres, karena jika stres berlebihan akan berakibat asam lambung akan naik meningkat dan dapat menyebabkan iritasi lambung.

Minum Air Putih
Air putih sangat bagus untuk kesehatan. Agar lambung Anda tetap sehat maka dianjurkan minumlah air putih 30 menit sebelum makan. Hal ini dapat membantu produksi lendir pada lambung. Lendir pada lambung dapat berfungsi sebagai pertahanan alami menghadapi makanan yang harus dicerna.

Itulah tips menjaga kesehatan lambung. Semoga tips di atas berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Dan semoga lambung kita sehat-sehat saja.

Anda juga bisa membaca artikel yang lain seperti :
  1. Manfaat sayuran bagi tubuh
  2. Tips usus sehat 
  3. Makanan pencegah kanker

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Lambung"

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan jejak :)